Jualan online? Bukan hal baru lagi tentunya. Apalagi kalau Anda sering buka Facebook, berbagai jenis iklan produk terpampang di wall Anda, baik yang asalnya dari teman Anda atau bahkan dari jaringan teman Anda yang tidak Anda kenal.
Pertanyaannya, kalau Anda adalah si  penjual, apakah cara seperti itu sudah membuat produk Anda setidaknya  dilirik oleh para calon konsumen? Kalau belum, berarti Anda masih harus  mencoba trik lainnya. Hmmm, kira-kira apa ya yang bisa bikin lapak Anda laku dan dihinggapi para netter?
Tidak  perlu pusing lagi, karena cara-cara di bawah ini mungkin bisa  memberikan Anda pencerahan untuk membuat angka penjualan Anda naik di  bulan berikutnya.
1. Jejaring Sosial
Beberapa waktu mendatang jejaring sosial seperti Facebook, masih akan tetap ngetren di tahun 2011, tidak menutupi kemungkinan akan lahir Facebook-Facebook lainnya yang siap menjadi wadah jualan Anda.
Kekuatan tombol Share  memang benar-benar ajaib, selain mendekatkan Anda dengan para calon  konsumen, kemudahannya membuat waktu Anda tidak terbuang percuma. Fitur Like This baik terpasang di Facebook langsung ataupun dipasang di toko online Anda menggunakan Facebook Connect justru akan membuat produk Anda dilirik, artinya produk Anda kian populer di mata banyak konsumen.
Facebook Chat  membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab,  bila ada calon konsumen yang masih ragu dan di situlah Anda mulai bisa  menggaet konsumen Anda.
2. Forum 
Di Indonesia, Kaskus  masih tetap menjadi Forum Jual Beli yang terus ramai dipadati oleh para  penjual dan pembeli. Lagi-lagi kekuatan testimonial, memberikan nilai  plus bagi para penjual yang sudah melayani pembeli dengan baik.  Testimonial yang bagus dan banyak, akan membuat para calon pembeli  datang dengan sendirinya.
Rekber  adalah bagian tersendiri dalam soal transaksi jual beli, dimana para  penjual dan pembeli bisa saling mempercayai, hal ini mengurangi tindak  kejahatan dimana ada pihak ketiga yang menampung barang yang dibeli  serta sejumlah uang yang akan ditransfer. Cara ini memang cukup bagus,  mengingat transaksi jual beli online memang sangat rentan dengan  penipuan.
3. Mobile Site
Indonesia adalah salah satu negara terbesar sebagai konsumen BlackBerry.  Tak jarang satu orang bisa memiliki beberapa ponsel berbeda merk  sekaligus. Kepopuleran internet pun diusung pula dengan keberadaan  berbagai jenis Ponsel Online. Nah, kalau ingin membuat toko  online Anda ramai, maka bersiap-siaplah membangun toko online versi  mobile, sehingga dengan mudahnya bisa diakses menggunakan ponsel.  Semakin banyak yang mengakses tentu akan memperbesar kemungkinan  produk-produk Anda menjadi laris di pasar online, bukan?
4. Location Based Service (LBS)
Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar atau mencoba Koprol serta FourSquare. Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare  adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota  dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan mengubah  status Anda di Facebook menjadi Checked In di lokasi Anda berada saat ini.
Kalau  di luar negeri fitur ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama  untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe  tersebut. Nah, lalu apa untungnya LBS ini digunakan di toko online? Sama seperti yang dilakukan oleh FourSquare. Anda bisa menawarkan promo – promo di toko Anda ketika si calon pelanggan berada dekat dengan toko Anda, dan Anda bisa menariknya agar mampir ke toko Anda melalui promo penawaran khusus. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaannya saat itu.
5. User Friendly
Website toko online yang sederhana tampilannya, akan mampu mengundang lebih banyak netter  dibandingkan toko online yang penuh sesak dengan gambar-gambar maupun  tulisan yang dipampang secara asal-asalan. Semakin sederhana  tampilannya, website toko online akan makin mudah digunakan oleh para  calon konsumen. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu  paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
6. Visualisasi yang Menarik
Masih terkait dengan poin nomor 5, visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat cuci mata para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan  juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda  merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa  memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi  kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk  pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang  lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini,  calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah  membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih  dahulu.
7. Resolusi 
Banyak  sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus  menggunakan resolusi website 1024×768. Padahal saat ini sudah banyak  resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440  ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksa melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman.
Tak  jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit  produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak  dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter  lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka  halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.
8. Maksimalkan AJAX, Minimalkan Flash
Perkembangan  teknologi website saat ini semakin pesat. Website tanpa flash pun masih  bisa unjuk gigi dengan animasi-animasi yang dihasilkan AJAX. Kenyamanan  yang diberikan ini tentu saja buat para netter yang browser-nya tidak diinstall flash.
Tentu  saja animasi yang ditampilkan tidak kalah cantiknya. Dari sekedar  menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri.  Bahkan membuat website lebih ringan diakses. Semakin cepat website  dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online  Anda. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online  Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko online Anda.
9. Tipografi
Selain  gambar dan animasi, ada lagi poin yang sangat penting dari sebuah  website toko online, yaitu huruf. Kelihatannya sangat sederhana, tapi  huruf tak bisa dipandang remeh. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu  website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna.
Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser.  Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak  jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di  browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan  solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan  solusi ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda.
10. Percantik Katalog
Katalog  tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik  oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk  menarik minat calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang buram dan  tidak menarik, pasti tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah  gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan  dengan tulisan.
Toko online yang  modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk  menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai  navigasi halaman ataupun ruang kosong.
11. Video
Seperti halnya iklan di  layar kaca, maka kini Anda pun bisa menampilkan produk Anda dalam bentuk  video. Berkreativitas menampilkan produk melalui video dan mengupload-nya ke Youtube  akan menjadi nilai plus untuk toko online Anda. Tak perlu membuat video  yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit  saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda.
12. Search Engine Optimization (SEO)
Hanya membuka lapak  di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya.  Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk  beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda  menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.
13. Harga
Poin  ini yang paling utama, baik penjualan secara fisik maupun online, harga  mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk  yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko sebelah harganya lebih murah,  maka siap-siap kehilangan calon konsumen. Survei harga online secara  berkala bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga  yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
Nah,  tunggu apalagi, kalau toko online sudah ada, trik sudah ada, tinggal  dipraktekkan, bukan? Siap-siap saja angka penjualan Anda segera beranjak  naik di bulan berikutnya.
 sumber <a href="http://beritateknologi.com">beritateknologi.com</A>
                  
Tags:
usaha online