Manfaat dan Kandungan Kunyit



Kunir atau kunyit, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.). siapakah yang tidak kenal dengan tanaman ini?.  kunyit  tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae.
Sering digunakan baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kandungan kunyit
kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen,turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. kunyit  juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%,Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.
Manfaat Kunyit : Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang)  kunyit  berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.
kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.  kunyit  dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengobati bengkak dan terkilir.  kunyit  juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.
kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan  kunyit  adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice  kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.


masih banyak manfaat kunyit dan tanaman lainnya, ayo gali lebih dalam potensi indonesia.
Related : Manfaat dan Kandungan Kunyit.