Friday, May 17, 2013

Manfaat kubis yang belum diketahui



Manfaat kubis yang belum diketahui - Kubis (Brassica oleracea) adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassica atau keluarga silangan, yang juga termasuk brokoli, kale, kembang kol dan kecambah brussels. Sayur ini bisa tumbuh dalam setiap jenis tanah tetapi tumbuh baik terutama di tanah yang subur – semakin subur tanah, semakin cepat tumbuh.


Kubis adalah salah satu tanaman sayuran tertua dan diyakini berasal di Asia dan Mediterania. Saat ini, kubis mungkin salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia baik di daerah tropis dan semi tropik.

Manfaat kubis yang belum diketahui
sayur-kubis
Ada sekitar 400 varietas kubis di seluruh dunia yang bervariasi dalam bentuk (dari bulat sampai berbentuk kerucut), ukuran (4-8 inci) dan warna (hijau, putih, merah, dan daun ungu). Yang paling umum adalah kubis  hijau muda.

Kubis merupakan sayur ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan di supermarket apapun dan memberikan Anda nilai gizi yang besar. Sayuran ini dapat dimakan mentah atau dimasak, tetapi sering ditambahkan pada sup atau semur. Di Jerman, kubis dijadikan acar dan di hidangkan sebagai Sauerkraut.
Kol atau Kubis mengandung senyawa anti kanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur.

Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi sehingga dapat memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus.

Kol atau Kubis dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak, memiliki kegunaan untuk mengurangi terjadinya kanker usus besar sebanyak 66 %. Manfaat lain dari kol adalah dapat mencegah, dan menyembuhkan luka lambung, menstimulasi kekebalan, menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta dapat mencegah infeksi.

Selain untuk pencegah kanker usus ada manfaat dari kol atau kubis ini, antara lain:



  •  Manfaat kubis Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke
  • Manfaat kubis Mengurangi resiko terserang katarak
  • Manfaat kubis Mempercepat penyembuhan bisul dan meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Manfaat kubis Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Kol atau Kubis yang berwarna merah tua, atau mendekati ungu, umumnya mengandung anthocyianin, sejenis anti-oksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah. Sehingga resiko penyakit jantung dan stroke akan berkurang
Meskipun memiliki banyak kegunaan, namun jangan mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Karena, kandungan goitrinsnya dapat menganggu keseimbangan iodium dalam darah, ini dapat terjadi pada orang – orang tertentu yang menderita mag, gastritis dan perut kembung. Mengkonsumsi kol yang berlebih akan menyebabkan terbentuknya gas dalam lambung.


Sekian untuk Manfaat kol dan kubis bagi kesehatan. Baca juga Manfaat dan kandungan kulit manggis .

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More