Friday, December 30, 2011

Hemat listrik ya

17-22. Apakah yang terlintas dipikiran anda saat mendengar kalimat tersebut? pastinya langsung teringat dengan program pemerintah untuk penghematan listrik.
kenapa 17-22? bukan 11-17 atau 00-06 gitu. ya memang pada 17-22 itu bisa dibilang jam premium, atau saat dimana penonton tv (termasuk penggila sinetron) dan penggunaan listrik paling gencar-gencarnya. Tapi apakah himbauan itu bermanfaat?

 Saya rasa mungkin kecil pengaruhnya, karena memang sekali lagi itu hanya himbauan. kan himbauan artinya boleh dilaksanakan, kalau tidak ya tidak jadi masalahkan. Pernah saya lihat baliho dipinggir jalan bergambar gubernur dengan action mematikan saklar lampu. tapi tu juga cuma gambarkan?

yah, dibutuhkan sinergi dari pemerintah dan masyarakat untuk merealisasikannya. pemerintah harus menyediakan alat elektronik yang hemat energi dan murah, dan masyarakat harus sadar akan perannya bagi sumber daya kita. misal penggunaan lampu hemat energi (syukur-syukur pemerintah memberi gratis).

manfaat lain yaitu biaya listrik bulanan lebih murah, sehat karena julah radiasi semakin rendah, pemanasan global yang menurun, dan masih banyak lagi lainnya.

sekian,semoga bermanfaat. go green, bukan harus ijo semua,hehehe

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More