Mimpi buruk

Mimpi buruk??? pernahkah anda mengalami ini? pasti sudahkan. mimpi sering disebut sebagai bunga tidur. tahukah anda apakah penyebab mimpi buruk?
pada sebuah penelitian diketahui ada beberapa hal yang mampu menyebabkan terjadinya mimpi buruk,diantaranya ;

1.       Kecemasan dan Stres - Kecemasan dan Stres ini kebanyakan dialami oleh orang yang mengalami kejadian traumatik dalam hidupnya. Orang2 yang mengalami sakit berkepanjangan atau baru saja melakukan operasi besar, atau orang2 yang menjadi saksi dari sebuah kejadian menakutkan, kehilangan seseorang yang dicintainya, mampu memicu kecemasan dan stres yang berujung pada seringnya mengalami mimpi buruk. Demikian yang diungkapkan oleh International Association of Studi of Dream (IASD)..
2.      Makanan Pedas - sebuah studi kecil yang diterbitkan oleh Journal Of Psychophysiology mengatakan bahwa makanan mampu mempengaruhi tidur kita. 2 kelompok yang terdiri dari orang yang diminta untuk makan makanan pedas dan yang tidak sebelum tidur. Hasilnya, pada kelompok orang yang makan makanan pedas sering terbangun dimalam hari dan mengalami kualitas tidur yang buruk. Setelah dianalisa, mungkin ini ada hubungannya dengan meningkatnya suhu tubuh selama tidur karena makanan pedas tadi dan berakibat pada terganggunya tidur. Selain itu juga bisa diambil kesimpulan bahwa orang yang makan berat sesaat menjelang tidur sering mengalami mimpi. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya metabolisme dan ritme gelombang otak selama tidur yang akan memicu terjadinya mimpi, bahkan yang buruk sekalipun.
3.      Kandungan lemak dalam makanan - Semakin banyak lemak yang dikonsumsi selama sehari, semakin besar pula potensi orang untuk mengalami gangguan tidur karena mimpi buruk. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan organik mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi junk food.
4.      Alkohol –Alih2 mengkonsumsi alkohol untuk menekan stres, dengan memudahkan tidur, yang terjadi selanjutnya malah orang yang mengkonsumsi alkohol sering terbangun lebih awal dan jika mereka meminumnya dalam jumlah banyak, yang seringnya terjadi malah mereka akan sering mengalami mimpi buruk yang berulang.
5.       Obat2an – Beberapa jenis obat anti-depresan dan narkotika bisa menyebabkan mimpi buruk. Masih dari Journal Psychophysiology dilaporkan bahwa obat2 anti-depresan seperti Ketamine (yang biasa digunakan untuk pembiusan) dapat menyebabkan mimpi buruk.
6.      Kondisi fisik karena sakit - Beberapa penyakit seperti demam dan flu dapat memicu terjadinya mimpi buruk. Begitu juga dengan gangguan tidur seperti Apnea dan Narcolepsy, juga bisa menjadi penyebabnya.
semoga infonya bermanfaat. eiits jangan lupa ya,bagi yang muslim baca doa sebelum tidur.
"Bismika allahumma ahya wa bismika ammut"
Related : Mimpi buruk.