Thursday, May 19, 2011

sata vs sata2

SATA (Serial AT attachement) adalah standar untuk antarmuka perangkat berkecepatan tinggi, kebanyakan hard disk drive, ke motherboard dari sebuah komputer. Ia memiliki semua tetapi menggantikan ATA Paralel tua karena menyajikan banyak keuntungan seperti kecepatan lebih cepat dan kemampuan hotswap.
SATA kemudian digantikan oleh versi yang lebih baru dan lebih baik dari standar yang sama disebut SATA 2. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah pada kecepatan maksimum yang mereka mengijinkan. SATA 2 mampu mencapai 300MB per throughput detik ketika SATA hanya mampu 150MB per detik, dua kali lebih cepat. Keuntungan lain dari SATA 2 adalah kemampuannya untuk mendukung beberapa perangkat. Dengan menggunakan port multiplier, Anda dapat melampirkan sampai 15 2 perangkat SATA pada satu baris. Pada antarmuka SATA lebih tua, Anda hanya dapat melampirkan satu pada setiap baris.

Walaupun SATA 2 jauh lebih cepat dibandingkan dengan SATA, kita harus memahami bahwa ini hanyalah kecepatan maksimum antarmuka dan bukan hard drive sendiri. hard drive konvensional tidak dapat memanfaatkan kecepatan maksimum bahkan antarmuka SATA asli. Hal ini kemudian kesalahpahaman umum bahwa hard drive konvensional mekanis yang menggunakan SATA 2 lebih cepat daripada hard drive yang menggunakan SATA. Anda hanya dapat melihat perbedaan kecepatan ketika Anda menggunakan media penyimpanan berbasis flash yang dapat beroperasi pada kecepatan lebih tinggi, terutama saat membaca data.

Dalam rangka untuk memelihara kompatibilitas ke belakang, SATA 2 perangkat yang mampu melakukan negosiasi kecepatan yang beroperasi di. Hal ini dapat turun kembali ke kecepatan lebih lambat dari SATA asli jika yang lain tidak mendukung SATA 2. Tetapi beberapa perangkat yang mampu melakukan negosiasi ini, sehingga banyak SATA 2 perangkat yang dilengkapi dengan jumper fisik untuk beralih di antara keduanya.

Walaupun SATA 2 jauh lebih cepat, tidak benar-benar ada perbedaan nyata bagi mereka yang memanfaatkan hard drive mekanis. Tapi tidak ada salahnya dipersiapkan untuk masa depan dan biaya tidak benar-benar faktor.

Ringkasan:
1. SATA 2 adalah dua kali lebih cepat SATA
2. SATA 2 perangkat yang dapat mendukung hingga 15 perangkat dengan port multiplier sementara standar SATA yang asli hanya dapat mendukung 1 per baris
3. SATA Konvensional dan SATA 2 hard drive beroperasi pada kecepatan yang sama
4. Hanya media penyimpanan berbasis flash dapat mengambil keuntungan dari kecepatan penuh SATA 2
5. SATA 2 perangkat dapat beroperasi pada kecepatan SATA

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More