Saturday, July 2, 2011

HP nyemplung air.

Kadang kasus ini tanpa sengaja sering terjadi. dan kadang kita langsung dibuat panik. ya kalo nyemplung saat OFF gak terlalu bahaya,karena resikonya gak terlalu gede. tapi kalo pas ON? lebih gede akibatnya.
ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi HP mati karena nyemplung air.
dan ini buat jaga-jaga jangan sampai lupa :


1. Jangan sekali-kali menyalakan HP sesaat setelah HP nyemplung air.
2. Segera lepaskan baterry, SIM card, MMC dari tempatnya
3. Buka casing luar HP apabila HP tersebut mempunyai casing luar.
4. Buka Anda mempunyai sedikit keahlian dalam hal bongkar pasang perangkat elektronik, silahkan buka casing dan keringkan seluruh isi mesin handphone.
5. Bagi yg sedikit tahu elektronik dan punya multitester, lakukan pengetesan SHORT atau tidak perangkat tersebut, caranya: Posisikan tester pada “Ohm 1x”. Ukurlah pada konektor baterry (+) dan (-). Bila dibolak-balik tetap short, itu berarti masih konslet. Jangan dulu dinyalakan. Kalau perlu bawa ke bengkel.
6. Akan tetapi bila anda sama sekali awam masalah elektronik.. Jangan sekali-kali coba membongkar perangkat HP. Gak bener tapi malah tambah ancur ntar itu HP. Cukup keringkan saja atau semprot dengan kompressor atau pompa dengan tekanan kecil lewat lubang2 kecil dalam perangkat HP. Atau keringkan didepan kipas angin dengan posisi berdiri atau miring. Jangan posisi tidur atau posisi HP tengkurap.
7. Bawa ke bengkel yang terpercaya. Jgn sembarang bengkel..

Semoga bisa membantu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More